Jenis-Jenis Flek Hitam

Jenis-Jenis Flek Hitam – Flek hitam atau melasma ditandai dengan hiperpigmentasi kecokelatan di wajah, leher dan lengan. Biasanya warna tersebut simetris, sama di sisi kiri dan kanan. Peningkatan melamin atau tidak meratanya distribusi melamin dapat menyebabkan perubahan pigmentasi lokal atau flek yang terjadi di bagian lapisan tanduk kulit ari (epidermal) yang disebut melasma epidermal atau kulit jangat yang disebut melasma dermal.

Jenis-Jenis Flek Hitam

Jenis-Jenis Flek Hitam

Jenis-Jenis Flek Hitam

  1. Melasma Epidermal
    Terlihat batas yang jelas antara melasma dengan kulit normal. Melasma akan terlihat berwarna lebih gelap, sedangkan kulit normal terlihat lebih terang.
  1. Melasma Dermal
    Tidak terlihat batas yang jelas antara melasma denga kulit normal
  1. Melasma Campuran
    Ada bagian yang berbatas jelas, ada pula bagian yang tidak berbatas jelas

Penyebab Jenis-Jenis Flek Hitam

Penyebab melasma ini secara garis besar ada 2 hal, yaitu :

  1. Faktor Internal
    Faktor internal penyebab melasma antara lain ketidakseimbangan hormon, seperti pemakaian pil KB
  1. Faktor Eksternal
    Faktor eksternal penyebab melasma antara lain paparan sinar matahari, kontak dengan zat kimia, polusi dan infeksi lokal. Penyebab eksternal yang dominan adalah paparan sinar matahari.

Cara Mengatasi Melasma

Perawatan untuk hiperpigmentasi harus dilakukan secara berkesinambungan karena paparan sinar matahari, polusi dan paparan zat kimia terjadi setiap hari.

  • Yang utama harus dilakukan adalah memakai tabir surya (sunblock) untuk meminimalkan paparan sinar matahari terhadap kulit
  • Menggunakan pemutih kulit juga bisa dilakukan, tetapi sepanjang masih dalam batas yang aman

Jenis-jenis flek hitam ini berbeda-beda penyebab, jadi cara perawatannya juga berbeda. Namun, untuk mengurangi resiko terjadinya efek samping maka Anda bisa menggunakan bahan alami untuk membantu cara menghilangkan flek hitam di wajah. Flek hitam yang bisa disebabkan karena beberapa hal salah satunya adalah karena jerawat yang menimbulkan bekas jerawat.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Dibawah ini beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek hitam di wajah adalah :

  1. Jeruk nipis
    Penggunaan dari jeruk nipis bisa membantu menghilangkan flek hitam. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya, dan kandungan asam yang ada bisa digosokkan dan bisa membantu sel kulit mati menjadi terangkat dengan lebih cepat. Perawatan alami seperti ini sebaiknya dilakukan oleh wanita yang usianya diatas 40 tahun. Penggunaan dari jeruk nipis ini ilakukan dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian digosokkan pada kulit wajah atau digosokkan pada kulit tubuh yang ada flek hitamnya. Kemudian diamkanlah sampai mengering. Dan selanjutnya bilaslah dengan menggunakan air hangat untuk membantu membuka pori-pori kulit. Cara terakhir adalah dengan membilasnya menggunakan air biasa. ‘
  2. Teh
    Menggunakan teh sebagai salah satu bahan alami untuk membantu menghilangkam flek hitam adalah karena kandungan antioksidan dan kandungan vitamin E yang ada di dalamnya bisa menangkal serangan radikal bebas sehingga akan membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Dan sementara itu, kandungan astringent yang ada di dalamnya akan membantu mengatasi kantung mata atau mata sembab dan membantu mengatasi jerawat.
    Cara menggunakannya adalah ambillah teh celup, kemudian setelah itu diamkanlah setengah cangkir teh dari satu kantung teh celup paling tidak selama 1 malam. Dan kemudian keesokan harinya digunakan dengan cara dioleskan pada bagian kulit yang mempunyai flek hitam. Kemudian biarkanlah sampai mengering. Setelah itu bilaslah atau bersihkan dengan menggunakan air hangat dan menggunakan air biasa. Atau Anda juga bisa menggunakannya dengan cara menempelkan langsung pada kantung teh di kulit wajah sambil sedikit-sedikit diberikan tekanan ringan.
  3. Sari mentimun dan buah tomat
    Kandungan vitamin A dan C yang ada di dalam buah mentimun sangat baik untuk membantu mengatasi flek hitam di wajah. Dan sementara itu juga kandungan vitamin A yang ada di dalamnya juga sangat baik untuk memelihara kesehatan wajah. Cara membuatnya adalah : perutlah buah mentimun dan juga buah tomat, setelah itu tempelkanlah parutan dari buah tomat atau juga buah mentimun tadii pada kulit wajah dan kulit tubuh sebagai masker alami. Bilaslah dengan menggunakan air hangat lalu dengan air biasa. Fuungsi dari masker ini bisa digunakan untuk membantu menghilangkan kerutan, membantu melembabkan dan juga menyegarkan wajah Anda.
  4. Biji asam
    Biji asam biasanya digunakan sebagai bahan penyedap makanan. Namun, cara menghilangkan flek hitam dengan menggunakan biji asam bisa dilakukan. Caranya juga sangat mudah, hanya dengan menghancurkan biji asam lalu ditambahkan dengan minyak zaitun. Kemudian ditempelkan dan setelah itu dioleskan pada wajah untuk membantu sebagai masker alami.
  5. Minyak zaitun
    Minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami yang membantu menghilangkan noda gelap pada wajah Anda setelah Anda melakukan aktivitas selama seharian diluar. Anda bisa menggunakan parutan bawang dan kemudian dicampurkan dengan beberapa tetes dari madu murni, kemudian oleskanlah masker alami tadi selama 15 menit didiamkan dan kemudian dibilas.

Cara menghilangkan flek hitam secara alami bisa dilakukan dengan beberapa cara diatas. Anda bisa memilih salah satu resep alami yang bisa digunakan. Jika salah satu resep yang sudah Anda gunakan tidak cocok, Anda bisa memilih resep yang lain untuk membantu mengatasi jenis-jenis flek hitam. Lakukanlah dengan teratur untuk menghasilkan hasil lebih efektif lagi.

Jenis-Jenis Flek Hitam


=====================================

>>> Whitening Serum Pemutih Wajah, Memutihkan Kulit Wajah, Flek Hitam & Bekas Jerawat Secara Alami, Bagus dan Aman, Cocok digunakan Oleh Wanita dan Pria, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Flek Hitam and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *