Flek Hitam (Ephelis)

Flek Hitam (Ephelis) – Flek hitam pada permukaan kulit memang sangat mengganggu, sebab penampilan kulit akan terlihat tidak sempurna terlebih jika flek hitam muncul pada kulit wajah. istilah medis kondisi kulit yang memiliki flek hitam ialah Ephelis, yang bisa berada di bagian kulit mana pun. kondisi kulit wajah yang kurang bagus dengan adanya flek hitam sering di risaukan oleh sebagian besar wanita. meskipun flek hitam bisa di samarkan dengan concealer, tetapi menggunakan make up tidak setiap saat sehingga apabila sedang tidak menggunakan make up maka flek hitam akan terlihat. flek hitam bisa di miliki pada kulit siapa pun, baik pada usia kecil atau pun dewasa, karena ada banyak faktor yang menyebabkan flek hitam. flek hitam yang muncul hanya sedikit tidak terlalu masalah, tetapi apabila flek hitam muncul banyak yang akan bermasalah sehingga lebih sulit untuk di samarkan. karena itu perlu mengetahui penyebab flek hitam sehingga bisa mengatasi flek hitam dengan tepat.

Penyebab Flek Hitam (Ephelis)

Munculnya flek hitam bisa dikarenakan oleh melanosome dalam melanin pada kulit di produksi terlalu banyak. sebab untuk menentukan warna kulit dibutuhkan melanin yang merupakan pigmen pada kulit, rambut mata dan juga pada bagian dalam telinga. karena itu apabila ada melanosome dalam melanin terlalu banyak maka akan menyebabkan warna kulit lebih gelap di bandingkan pada bagian kulit lainnya sehingga menjadi flek hitam. meskipun begitu ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko munculnya flek hitam semakin banyak pada kulit, terutama pada kulit wajah, dibawah ini beberapa faktor penyebab flek hitam (Ephelis) :

Flek Hitam Pada Wajah

  • Paparan Sinar Matahari

Munculnya flek hitam memang disebabkan oleh jumlah melanosome dalam melanin terlalu banyak sehingga kulit menjadi lebih gelap. tetapi karena pengaruh dari paparan sinar matahari maka akan menyebabkan flek hitam akan terlihat lebih jelas, sebab paparan sinar matahari secara langsung pada kulit yang menyebabkan flek hitam semakin bertambah gelap. untuk itu ketika tidak melindungi kulit dari paparan sinar matahari maka akan lebih berpotensi besar untuk memiliki flek hitam dengan jumlah banyak.

  • Genetik

Munculnya flek hitam pun bisa dikarenakan faktor keturunan. memiliki orang tua dengan kondisi kulit yang terdapat banyak flek hitam, maka tidak menutup kemungkinan jika jenis kulit anak keturunannya juga memiliki jenis yang sama. untuk itu ada yang memiliki flek hitam sejak usia muda.

  • Etnis

Tidak hanya dikarenakan genetik saja, pengaruh dari etnis juga bisa memicu munculnya flek hitam (Ephelis) juga pada permukaan kulit, baik wajah dan juga kulit tubuh bagian lainnya. etnis yang tinggal negara sekitar garis khatulistiwa biasanya akan memiliki flek hitam lebih banyak. karena pengaruh dari sinar matahari yang lebih banyak maka dari itu kulit akan memiliki flek hitam dan juga lebih gelap.

  • Usia

Munculnya flek hitam (Ephelis) pun bisa di saat kondisi tertentu atau di saat usia semakin bertambah. karena usia semakin bertambah maka bisa mulai muncul flek hitam, maka dari itu flek hitam sering menjadi tanda bahwa terjadinya penuaan. flek hitam (Ephelis) yang di miliki di saat usia tua jenisnya berbeda dan dikenal dengan liver spot dan juga sun spot.

Ciri Ciri Flek Hitam

Flek hitam memiliki ciri seperti bintik bintik yang menyebar pada permukaan kulit, sehingga akan mudah terlihat. bintik bintik hitam pada kulit bisa di bagian kulit pipi, bawah mata, atau seluruh kulit wajah, dan juga bisa pada bagian tubuh yang lain seperti lengan. flek hitam (Ephelis) akan terlihat lebih jelas lagi di saat kulit sering terpapar sinar matahari. karena itu apabila sering keluar ruangan di siang hari tanpa menggunakan pelindung kulit maka flek hitam bisa semakin terlihat jelas, sebab melanin bisa menyerap sinar matahari. dan bisa memudar apabila kulit tidak sering terpapar panas.

Mengatasi Flek Hitam (Ephelis)

Munculnya flek hitam pada permukaan kulit menyebabkan penampilan kurang baik, meskipun dapat disamarkan, tetapi akan lebih baik jika di hilangkan. tetapi flek hitam bukan hanya gangguan kulit biasa saja, bisa jadi bahwa tanda kanker kulit. untuk itu apabila flek hitam (Ephelis) bertambah banyak maka ada baiknya jika cek kesehatan ke dokter kulit sehingga diketahui penyebabnya. dan apabila flek hitam (Ephelis) disebabkan oleh hal biasa saja, maka bisa menghilangkan flek hitam (Ephelis) dibawah ini :

  • Untuk menghilangkan flek hitam (Ephelis) dengan menggunakan lidah buaya, yang di oleskan ke kulit secara langsung. lakukan cara ini secara teratur maka secara perlahan lahan flek hitam akan menghilang dan apabila memiliki jenis kulit kering juga akan teratasi dengan baik dan sehingga kelemban kulit terjaga dengan baik.
  • Selain dengan menggunakan lidah buaya, untuk menghilangkan flek hitam (Ephelis) pun juga bisa dengan menggunakan lemon. vitamin c yang di miliki lemon berkhasiat menghilangkan flek hitam dan mencerahkan kulit secara alami sehingga flek hitam akan menghilang secara alami.
  • Untuk perawatan kulit dengan flek hitam (Ephelis) sebaiknya menggunakan krim tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (By:RM)

Flek Hitam (Ephelis)


=====================================

>>> Whitening Serum Pemutih Wajah, Memutihkan Kulit Wajah, Flek Hitam & Bekas Jerawat Secara Alami, Bagus dan Aman, Cocok digunakan Oleh Wanita dan Pria, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Flek Hitam and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.